Home » » APA ITU CREATINE ???

APA ITU CREATINE ???

apa itu creatine?
Nah kesempatan kali ini,  health life akan mengulas keunikan tentang creatine. Creatine adalah perpaduan beberapa asam amino yang secara spesifik membentuk fungsi terseandiri. Komponen pembentuk creatine adalah pecahan amino yang terdiri dari glycine, arginine, dan methionine. Tubuh manusia secara alami memproduksi creatine melalui hati, pankreas, maupun ginjal dan dialirkan darah menuju otot. Ketika mencapai otot, creatine di ubah menjadi phospocreatine (creatine phospate) yang bertugas dalam membentuk bahan bakar tubuh yang disebut ATP (adenosine triphosphate) sebagai lawan dari ADP (adenosine diphospate).

skema pengubahan energi oleh creatine
Bagaimana creatine meningkatkan energi anda selama latihan? Asupan karbohidrat tubuh  dirubah menjadi glukosa otot (glukagon), karbohidrat disimpan di otot dalam bentuk gula atau glukosa dan akan di ubah menjadi ATP. ATP memberikan energi pada tubuh kita saat berlatih. Berlatih menyebabkan ATP melepaskan satu molekul phospate. ATP berubah menjadi ADP sehingga energi menurun sehingga tambahan creatine akan membantu proses pembentukan ATP kembali.

Dengan menambah creatine pada tubuh anda, produksi kembali ATP akan meningkat, regenerasi ATP ini menjaga tubuh anda dengan  mengandalkan glikolisis yang mengurangi asam laktat dalam tubuh anda sehingga memungkinkan anda latihan lebih keras dalam memperoleh power, massa otot sampai ukuran otot serta stamina yang kencang. Manfaat langsung creatine adalah anda dapat menambah berat badan lebih cepat. Berdasarkan berbagai pengalaman orang yang telah berhasil dengan creatine, terbukti bahwa creatine bekerja dengan signifikan, jika anda telah menggunakan creatine sebelumnya.


Hal yang perlu di ketahui bahwa creatine akan meningkatkan retensi air dalam tubuh sehingga sebagian kecil dari kenaikan berat badan anda merupakan retensi air dan selebihnya adalah massa otot. Sedangkan untuk efek samping penggunaan creatine ini sendiri belum diketahui pasti bahwa akan merusak ginjal, hati maupun organ pencernaan lainnya bila digunakan sesuai dosis harian.

0 comments:

Post a Comment