Home » » Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan Body Contest

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan Body Contest

Apa saja yang harus dipersiapkan perlombaan body contest

Mengingat pentingnya sesuatu yang dipersiapkan dalam melakukan hal apapun. Hal ini sebagai tanda  keseriuasan niat kita dalam melakukan ataupun mengikuti suatu kegiatan tertentu. Sesuatu yang dipersiapkan merupakan bagian penting dari seseorang untuk mendapatkan hasil yang baik dan maksimal pula.

Anda yang memiliki hobby berolahraga fitness tentu tidak asing dengan perlombaan body contest. Perlombaan body contest adalah perlombaan yang digelar diperuntukkan kepada anda yang telah berlatih fitness dan ingin tahu sampai mana hasil tubuh latihan anda dengan tubuh peserta lomba lainnya. Untuk perlombaan internasional perlombaan seperti ini dikenal dengan nama Mr.Universe, IFBB(International Federation Body Building), dan Mr.Olympia sebagai penghargaan tertinggi kepada binaraga dunia.

Dalam mengikuti perlombaan body contest, tentu ada hal yang harus dijalankan dan di perhatikan, persiapan dalam mengikuti perlombaan body contest adalah sebagai berikut:

Diet, diet yang dilaksanakan adalah diet tinggi protein dan rendah karbo, tentu ada alasannya mengapa anda melakukan diet sebelum bertanding. Diet dilaksanakan untuk mendapatkan definisi otot yang jelas serta kondisi otot tidak tertutup lemak. Dengan demikian garis-garis pada otot anda akan terlihat jelas dan akan menambah keindahan estetika tubuh anda, sehingga akan mempengaruhi penilaian juri terhadap anda. Diet dapat dijalani sebulan sebelum menjelang perlombaan ataupun tergantung kepada kondisi otot pada tubuh anda. Bila anda memulai diet  sampai dengan diet ekstrem hanya dalam waktu seminggu sebelum pertandingan dimulai, maka otot akan cenderung menyusut dikarenakan pola makan yang berubah drastis. Malam sebelum perlombaan dimulai anda dapat memasukan secukupnya karbohidrat dalam tubuh, seperti nasi, roti, gandum, dll sesuai kreasi anda tanpa memasukan air demi menjaga kekeringan otot, hal ini dilakukan agar ketika pemanasan sebelum menaiki panggung otot anda dapat berkembang(pump) dengan baik.

Berjemur, berjemur dilakukan untuk mendapatkan warna coklat yang eksotis pada tubuh sehingga otot tubuh dapat terlihat lebih tebal, indah serta definisi otot yang lebih terlihat jelas. Idealnya, berjemur dilakukan ketika matahari terik dan dilakukan tidak lebih dari satu jam. Hal ini untuk menhindari rusaknya sel-sel kulit apabila terkena sinar matahari terlal lama. Ketika berjemur, gunakanlah sunblock ataupun banana boat agar kulit tidak terbakar.

Berlatih, anda tetap harus melaksanakan latihan agar kondisi otot anda tetap baik dan prima serta menghindari penyusutan terhadap otot kita. Ketika dalam masa persiapan lomba, anda dapat menjalankan latihan dengan metode superset. Lakukan latihan ini dengan beban yang tidak terlalu berat dan set rendah dengan repetisi lebih banyak agar tidak memacu efek katabolik. 
Semoga Bermanfaat...



5 comments:

  1. Brp lama kira" bang berjemur menjelang kompetisi

    ReplyDelete
  2. Unknown , sekitar 3 sampai 4 minggu gan, durasi jemur nya cukup 20-30 menit aja gan. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Syarat mendaftarkan diri apa aja bang ?

    ReplyDelete