Home » » Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Bungkuk

Banyak pekerjaan yang  menuntut kita untuk duduk menatap layar komputer dalam waktu yang lama ataupun berdiri terlalu lama membuat tubuh kita menjadi tidak sehat dan yang paling sering di keluhkan yaitu sakit pada pinggang serta postur tubuh yang  menjadi bungkuk dan semakin membungkuk. Tubuh bungkuk sudah pasti akan mengganggu penampilan dan bungkuk yang terlalu parah akan membuat kita menjadi tarik perhatian orang ramai karna tubuh bungkuk itu sendiri sehingga mengurangi rasa percaya diri anda. Berikut ulasannya untuk anda.
Kebungkukan disebabkan oleh lemahnya persendian di tulang selangka maupun belikat. Ini membuat otot dada bagian tepi (pectoralis minor)  bekerja keras untuk menstabilkan sendi tersebut sehingga bahu cenderung maju ke depan dan tubuh jadi terlihat bungkuk. Leher yang condong ke depan adalah akibat dari otot belakang leher yang kaku. Hal ini sering kali di temukan dari pekerja yang duduk menatap layar komputer selama beberapa jam.

Kebungkukan juga bisa terjadi di sebabkan hal berikut :
 Osteoporosis
Kelainan pada tulang yang menyebabkan penipisan tulang, membuat tulang belakang anda terkiikis maupun keropos. Tulang punggung yang tergerus akan berkurang kepadatannya dan membuatnya mudah melengkung dalam menjalankan tugasnya sebagai penopang tubuh. Osteoporosis seringnya dialami oleh orang yang berusia tua—khususnya wanita, serta orang yang mengonsumsi kortikosteroid dalam dosis tinggi.
Degenerasi Disk
Pada susunan antara tulang belakang terdapat disk yang lembut dan berbentuk melingkar. disk akan mengering dan menyusut seiring waktu dan penuaan yang terjadi pada manusia. inilah yang memicu postur tubuh bungkuk.
Penyakit Scheuermann
Penyakit ini mulai terlihat sebelum masa pubertas. Bungkuk di punggung dapat menjadi lebih parah setelah anak melewati masa pertumbuhan. Anak laki-laki lebih rentan mengalami penyakit ini dibandingkan anak perempuan.
Cacat Bawaan
Seorang bayi dapat dilahirkan dengan punggung yang bungkuk jika tulang belakangnya tidak berkembang dengan baik selama berada di rahim. Cacat seperti ini akan sulit di obati di karenakan cacat dari lahir.
Untuk memperbaiki postur tubuh anda yang bungkuk, anda dapat menjalankan beberapa Latihan berikut:
Upper Back Foam Rolling
Upper Back Foam Rolling

·         Posisikan busa rolling pada tulang belakang, di bawah tulang belikat.
·         Tekuk lutut dengan kaki berpijak di lantai, kedua tangan di belakang kepala.
·         Angkat pinggul dan perlahan-lahan naik serta tahan sampai kontraksi dirasakan cukup.
·         Kembali ke posisi semula.
Lakukan 3 set (naik, turun, lalu naik lagi). Gerakan ini memang akan tidak begitu menyenangkan pada bagian punggung, tetapi lambat laun punggung akan mudah menyesuaikan gerakan tersebut.
                                                   Y Prone Extension
Y Prone Extension

·         Berbaring dan sejajarkan posisi kaki dengan bahu.
·         Angkat lengan ke atas hingga membentuk huruf ‘Y”.
·          Angkat tubuh dan lengan ke atas dan tahan sampai kontraksi di bagian punggung terasa cukup..
 Ulangi gerakan hingga 3 set dengan 10 repetisi bila perlu.
Chest Stretch
Chest Stretch
  •          Posisikan tubuh menghadap pada sudut dinding dan letakkan salah satu tangan Anda pada dinding.
  •          Tarik posisi tubuh Anda ke arah berlawanan dan rasakan peregangan bagian di dada dan bahu.
  •          Tahan posisi ini selama 30detik dan lakukan bergantian masing-masing dengan 3 set bila perlu.

Sangat penting bagi kita dalam memerhatikan aktivitas yang kita lakukan sehar-hari, karna tanpa kita sadari hal maupun kebiasaan yang kita anggap sepele saat ini akan menimbulkan permasalahan yang luar biasa di kemudian hari, terutama dalam kesehatan diusia lanjut nanti. Semoga Bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment