Home » » Tips Cara Terhindar dan Langkah Awal Atasi Cidera Saat Latihan

Tips Cara Terhindar dan Langkah Awal Atasi Cidera Saat Latihan

Ketika berlatih, tanpa kita sadari variasi yang kita lakukan di tempat latihan dengan menggunakan beban yang berat sering kita jalankan dalam mendapatkan hipertrofi otot. sehingga membuat otot tumbuh dan menjadi lebih besar. Mengangkat beban berat tersebut melibatkan seluruh anggota gerak tubuh, tanpa kita sadari juga otot-otot tubuh lainnya ikut bekerja dalam mengangkat beban tersebut.


Mengangkat beban yang berat dalam suatu variasi latihan tentu saja harus di barengi dengan gerakan dan posisi tubuh yang benar, jika tidak, tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami cidera, dan dampak negatif di masa yang akan datang, walaupun dalam mengangkat beban tersebut anda tidak merasakan sakit ataupun sesuatu yang aneh. Mengangkat beban yang berat dengan posisi tubuh serta gerakan latihan yang salah biasanya akan memberikan dampak cidera yang sering terjadi pada bagian pinggang, pungggung, leher, maupun pada persendian pada tubuh.


Cidera yang sering terjadi dikenal dengan dua jenis yaitu sprain dan strain. Sprain adalah cidera yang diakibatkan robekan pada ligamen  yang menghubungkan antara tulang dan tulang yang lain. Sedangkan strain adalah robekan yang terjadi pada serat otot dan tendon.


Biasanya gejala yang akan di terima berupa nyeri disertai panas pada persendian maupun bagian otot tertentu, ngilu, bengkak(inflmasi), keterbatasan gerak hingga peradangan.


Agar kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan ketika latihan maupun selesai latihan anda anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk menghindari cidera:
  •          Perenggangan dan Pemanasan sebelum melakukan latihan
  •          Menggunakan strap
  •          Menggunakan sabuk fitness
  •          Mendapatkan bantuan spoter ketika melakukan latihan dengan beban berat.


Bila anda telah mengalami cidera maka langkah awal yang dapat anda lakukan pada cidera adalah RICE.
REST, ketika anda telah mengalami cidera anda disarankan untuk beristirahat, hal ini agar cidera tidak bertambah parah.

ICE, merupakan langkah kedua dengan memberikan es dengan cara es di lapisi dengan handuk tipis pada bagian yang cidera ketika temperatur kult telah mulai normal, memberikan sensasi relax kepada otot yang cidera sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Kompres dapat diulang beberapa kali dengan waktu antara 15-20menit.

COMPRESSION, bagian tubuh yang mengalami cidera di balut dengan kompres elastis, agar memberi rasa nyaman dan mencegah peradangan.

ELEVATION, bagian tubuh yang cidera di angkat sejajar jantung, ini dilakukan untuk mengistirahatkan cidera dan meminimalkan pembengkakan.

Apabila cidera tidak membaik dengan langkah awal tersebut dalam beberapa hari, akan lebih baik untuk memeriksakan tubuh anda ke dokter.

Semoga Bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment